Dutamas Computer

Penjualan, Service & Maintenance Komputer

Switching Power Supply

Posted by Persinas ASAD pada April 21, 2010


Power supply unit dengan penutup atas dibuka

Sebuah Power Supply Unit ( PSU ) mengkonversi listrik AC ke tegangan rendah daya DC diatur untuk komponen internal komputer. Komputer pribadi modern universal menggunakan power supply diaktifkan mode . Beberapa pasokan listrik memiliki pemilih manual untuk tegangan input, sementara yang lain secara otomatis beradaptasi dengan tegangan suplai.

Paling modern dekstop komputer pribadi pasokan listrik sesuai dengan faktor bentuk ATX . ATX pasokan listrik yang dinyalakan dan dimatikan oleh sinyal dari motherboard . Mereka juga memberikan sinyal ke motherboard untuk menunjukkan bila garis daya DC adalah benar sehingga komputer mampu untuk boot up. Sementara power supply ATX terhubung ke listrik pasokan ia menyediakan 5 V stand by (5VSB) baris sehingga fungsi siaga pada komputer dan periferal tertentu yang didukung. ATX PSU standar terbaru adalah versi 2.31 ​​pertengahan-2008.

Peringkat Daya dan efisiensi

Komputer pasokan listrik dinilai didasarkan pada daya output maksimum mereka. Kebutuhan daya untuk komputer desktop modern pribadi dapat berkisar dari 300 watt untuk lebih dari 1000 watt untuk file server atau komputer dengan prosesor ganda. Power rating dari PC listrik dinilai oleh produsen, itu adalah mungkin untuk kelebihan satu tegangan dari catu daya di bawah total rating catu daya. Sederhana, komputer tujuan umum jarang memerlukan lebih dari 300-350 watt maksimum.

Penampilan

Kebanyakan komputer pasokan daya desktop pribadi adalah kotak logam persegi, dan memiliki bundel kabel besar muncul dari salah satu ujungnya. Sebaliknya bundel kabel adalah wajah belakang catu daya, dengan ventilasi udara dan IEC 60320 C14 konektor untuk catu daya AC. Ada opsional dapat menjadi saklar daya dan / atau tegangan saklar pemilih. Sebuah label di salah satu sisi kotak daftar informasi teknis tentang power supply, termasuk sertifikasi keselamatan dan daya output maksimum. Umum tanda sertifikasi untuk keamanan adalah tanda UL , GS tanda , TÜV , Nemko , SEMKO , DEMKO, FIMKO, CCC , CSA , VDE , GOST R dan BSMI. Sertifikat tanda umum untuk EMI / RFIadalah tanda CE , FCC dan C-centang. Tanda CE diperlukan untuk pasokan listrik yang dijual di Eropa dan India.

Sebuah RoHS atau 80 PLUS juga dapat kadang-kadang terlihat.

Dimensi power supply ATX adalah 150 mm lebar, tinggi 86 mm, dan biasanya 140 mm kedalaman, meskipun kedalaman dapat bervariasi dari merek ke merek.

Konektor

Berbagai konektor dari PSU komputer

Biasanya, pasokan listrik memiliki konektor berikut (semua Molex (USA) Inc Mini-Fit Jr, kecuali dinyatakan lain):

  • PC Utama konektor daya (biasanya disebut P1 ): Ini adalah konektor yang masuk ke motherboard untuk memberikan itu dengan kekuasaan. Konektor ini memiliki 20 atau 24 pin.Salah satu pin milik kawat PS-ON (biasanya hijau). Konektor ini adalah yang terbesar dari semua konektor. Dalam tua AT pasokan listrik, konektor ini terbagi dua: P8 dan P9 . Sebuah catu daya dengan konektor 24-pin dapat digunakan pada motherboard dengan konektor 20-pin.Dalam kasus di mana motherboard memiliki konektor 24-pin, beberapa pasokan listrik datang dengan dua konektor (satu dengan 20-pin dan lainnya dengan 4-pin) yang dapat digunakan bersama untuk membentuk konektor 24-pin.
  • ATX12V 4-pin konektor power (juga disebut P4 konektor daya ). Sebuah konektor kedua yang pergi ke motherboard (selain konektor 24-pin utama) untuk memasok daya khusus untuk prosesor. Untuk high-end motherboard dan prosesor, kekuasaan lebih diperlukan, karena itu EPS12V memiliki 8 pin konektor.
  • 4-pin Peripheral power konektor: Ini adalah lainnya, konektor kecil yang pergi ke berbagai disk drive komputer. Sebagian besar dari mereka memiliki empat kabel: dua hitam, satu merah, dan kuning. Berbeda dengan listrik standar kabel listrik warna-coding , setiapkabel hitam adalah tanah , yang kabel merah adalah +5 V, dan kabel kuning adalah 12 V. Dalam beberapa kasus ini juga digunakan untuk memberikan tenaga tambahan untuk kartu PCI seperti FireWire 800 kartu.
  • 4-pin Molex (Jepang) Ltd daya konektor (biasanya disebut Mini-Konektor atau “mini-Molex”): Ini adalah salah satu dari konektor terkecil yang memasok floppy drive dengan kekuatan. Dalam beberapa kasus, dapat digunakan sebagai konektor tambahan untuk AGPvideo card. Konfigurasi kabel adalah mirip dengan konektor Peripheral.
  • Auxiliary daya konektor: Ada beberapa jenis konektor tambahan yang dirancang untuk memberikan daya tambahan jika diperlukan.
  • Serial ATA konektor daya: konektor 15-pin untuk komponen yang menggunakan colokan power SATA. Konektor ini pasokan listrik di tiga tegangan yang berbeda:,, 3,3 5 dan 12 volt.
  • 6-pin Sebagian besar komputer modern pasokan daya termasuk 6-pin konektor yang umumnya digunakan untuk PCI Express kartu grafis, tapi konektor 8-pin baru diperkenalkan harus dilihat pada model terbaru pasokan listrik. Setiap PCI Express 6-pin konektor dapat output maksimum 75 W.
  • 6 +2 pin Untuk tujuan kompatibilitas ke belakang, beberapa konektor dirancang untuk digunakan dengan high end PCI Express kartu grafis fitur ini jenis konfigurasi pin. Hal ini memungkinkan baik kartu 6-pin atau kartu 8-pin dihubungkan dengan menggunakan dua koneksi yang terpisah modul kabel ke dalam selubung yang sama: satu dengan 6 pin dan lain dengan 2 pin.
  • Sebuah IEC 60320 C14 konektor dengan tepat C13 kabel digunakan untuk melampirkan listrik ke jaringan listrik lokal.

AT vs ATX

Sebuah instalasi khas dari faktor bentuk ATX power supply komputer.

Ada dua perbedaan mendasar antara AT dan ATX power supplies: Konektor yang memberikan daya ke motherboard, dan saklar lembut. Pada tua AT pasokan listrik, Power-pada kawat beralih dari depan komputer terhubung secara langsung ke catu daya.

Pada ATX pasokan listrik baru, saklar daya di bagian depan komputer masuk ke motherboard melalui konektor berlabel sesuatu seperti, PS ON, Power SW, SW Power, dll Hal ini memungkinkan perangkat keras lainnya dan / atau perangkat lunak untuk mengaktifkan sistem pada dan off.

Motherboard mengendalikan listrik melalui pin # 14 dari konektor 20 pin atau # 16 dari konektor 24 pin pada motherboard. Pin ini membawa 5V ketika catu daya dalam siaga. Hal ini dapat beralasan untuk menghidupkan power supply tanpa harus mengaktifkan sisa komponen. Hal ini berguna untuk pengujian atau menggunakan power supply komputer ATX untuk tujuan lain.

Perbedaan cara kerja AT dan ATX

Perbedaan cara kerja AT dan ATX

AT singkatan Advanced Technology sementara ATX berarti Advanced Technology eXtended.

Faktor bentuk lain

Faktor Bentuk Tipis dengan 12 konfigurasi konektor Volt (TFX12V) telah dioptimalkan untuk microATX profil kecil dan rendah dan tata letak sistem FlexATX. Profil sempit panjang catu daya (ditunjukkan dalam Gambar 1) cocok dengan mudah ke dalam sistem profil rendah. Penempatan fan dapat digunakan untuk efisien pembuangan udara dari prosesor dan daerah inti dari motherboard, yang memungkinkan lebih kecil, sistem lebih efisien menggunakan bahan-bahan industri umum.

Laptop

Sebagian besar komputer portabel memiliki pasokan listrik yang menyediakan 25 sampai 200 watt . Pada komputer portabel (seperti laptop ) biasanya ada power supply eksternal (kadang-kadang disebut sebagai “kekuatan batu bata” karena kesamaan, dalam ukuran, bentuk dan berat, untuk real bata ) yang mengubah listrik AC ke tegangan DC yang (paling sering 19V), dan selanjutnya DC-DC konversi terjadi dalam laptop untuk memasok berbagai tegangan DC yang dibutuhkan oleh komponen lain dari komputer portabel.

Server

Beberapa server web menggunakan satu-tegangan catu daya 12 volt. Semua tegangan lainnya yang dihasilkan oleh modul regulator tegangan pada motherboard.

Efisiensi Energi

Komputer pasokan listrik umumnya sekitar 70-75% efisien. Itu berarti dalam rangka untuk catu daya 75% efisien untuk menghasilkan output 75 W DC akan memerlukan 100 B dari masukan AC dan menghilangkan 25 W tersisa di panas. Tinggi kualitas pasokan listrik dapat lebih dari 80% efisien, lebih tinggi hemat energi limbah PSU lebih sedikit energi dalam panas, dan membutuhkan aliran udara kurang dingin, dan sebagai hasilnya akan lebih tenang. Server Google pasokan listrik lebih dari 90% efisien. Hewlett Packard Server Power Suplly telah mencapai efisiensi 94%.  Standar PSUs dijual untuk workstation server yang memiliki efisiensi sekitar 90%, pada 2010.

Sangat penting untuk menyesuaikan kapasitas power supply dengan kebutuhan daya dari komputer. Efisiensi energi pasokan listrik turun secara signifikan pada beban rendah. Efisiensi puncak umumnya sekitar 50-75% beban. Kurva bervariasi dari model ke model (contoh bagaimana kurva ini terlihat dapat dilihat pada laporan uji model hemat energi ditemukan di 80 PLUS situs ). Sebagai aturan praktis untuk pasokan listrik standar biasanya tepat untuk membeli pasokan seperti bahwa konsumsi khas dihitung dari komputer seseorang adalah sekitar 60% dari nilai kapasitasnya pasokan yang disediakan bahwa konsumsi maksimum dihitung dari komputer tidak melebihi dinilai kapasitas pasokan. Perhatikan bahwa nasihat tentang peringkat power supply secara keseluruhan sering diberikan oleh produsen komponen tunggal, biasanya kartu grafis, harus diperlakukan dengan skeptisisme yang besar. Produsen ini ingin meminimalkan masalah dukungan karena kurang rating spesifikasi power supply dan menyarankan pelanggan untuk menggunakan catu daya lebih kuat untuk menghindari masalah ini.

Berbagai inisiatif yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi pasokan listrik komputer. Iklim saver inisiatif komputasi mempromosikan penghematan energi dan pengurangan emisi gas rumah kaca oleh pembangunan mendorong dan penggunaan pasokan listrik yang lebih efisien. 80 PLUS menyatakan pasokan listrik yang memenuhi kriteria efisiensi tertentu, dan mendorong penggunaan mereka melalui insentif keuangan. Di atas bahwa bisnis akhirnya menggunakan listrik lebih sedikit untuk mendinginkan PSU dan komputer sendiri dan dengan demikian menyelamatkan jumlah yang awalnya besar (yaitu insentif + disimpan listrik untung = tinggi).

Fakta

  • Kehidupan span biasanya diukur dalam waktu yang berarti antara kegagalan (MTBF).Peringkat MTBF lebih tinggi lebih baik untuk hidup lebih lama dan kehandalan perangkat.Kualitas konstruksi yang terdiri dari kelas industri komponen listrik dan / atau kecepatan kipas yang lebih besar atau lebih tinggi dapat membantu untuk berkontribusi pada peringkat MTBF lebih tinggi dengan menjaga komponen kritis dingin, sehingga mencegah unit dari overheating. Overheating merupakan penyebab utama kegagalan PSU. Nilai MTBF dari 100.000 jam (sekitar 11 tahun operasi terus-menerus) tidak jarang.
  • Pasokan listrik mungkin memiliki pasif atau aktif koreksi faktor daya (PFC). Pasif PFC adalah cara sederhana untuk meningkatkan faktor daya dengan meletakkan kumparan secara seri dengan primer filter kapasitor . Active PFC lebih kompleks dan dapat mencapai PF lebih tinggi, hingga 99%.
  • Pada pasokan listrik komputer yang memiliki lebih dari satu +12 V rel daya , lebih disukai untuk alasan stabilitas untuk menyebarkan beban listrik atas rel 12V merata untuk membantu menghindari overloading salah satu rel pada power supply.
    • Rel pasokan daya 12V beberapa secara terpisah saat ini terbatas sebagai fitur keselamatan, mereka tidak dihasilkan secara terpisah. Meskipun kepercayaan yang luas sebaliknya, pemisahan ini tidak berpengaruh pada saling interferensi antara rel pasokan.
    • Para 2.x ATX12V dan standar power supply EPS12V tunduk pada IEC 60950 standar, yang mengharuskan tidak lebih dari 240 volt-amp hadir antara dua titik diakses. Jadi, kawat masing-masing harus arus dibatasi tidak lebih dari 20 A; pasokan khas jaminan 18 A tanpa memicu batas saat ini. Kekuatan yang mampu memberikan lebih dari 18 A pada 12 V menghubungkan kabel dalam kelompok untuk dua atau lebih sensor arus yang akan menutup pasokan jika arus mengalir kelebihan pasokan. Tidak seperti sekering atau pemutus sirkuit , batas-batas ulang sesegera overload akan dihapus.
    • Karena standar di atas, hampir semua pasokan daya tinggi untuk menerapkan mengklaim rel yang terpisah, namun klaim ini sering salah, banyak menghilangkan sirkuit saat-batas yang diperlukan, baik untuk alasan biaya dan karena merupakan iritasi kepada pelanggan. (kekurangan ini kadang-kadang diiklankan sebagai fitur dalam nama-nama seperti “fusi rel” atau “berbagi saat ini”.)
  • Ketika komputer dimatikan tetapi power supply masih aktif, dapat dimulai jarak jauh melalui Wake-on-LAN dan Wake-on-cincin atau secara lokal melalui Daya Keyboard ON (KBPO) jika motherboard mendukungnya.
  • Awal menggunakan PSUs (berat) konvensional langkah-down transformator , tetapi pasokan listrik komputer paling modern adalah jenisberalih-mode power supply (SMP) dengan berintikan ferit- frekuensi tinggi transformator.
  • Pasokan listrik komputer mungkin memiliki perlindungan hubung singkat, mengalahkan (kelebihan) perlindungan, proteksi tegangan lebih, perlindungan undervoltage, proteksi arus, dan lebih dari perlindungan suhu.
  • Beberapa pasokan listrik datang dengan kabel lengan, yang secara estetika lebih bagus, membuat kabel lebih mudah dan bersih dan memiliki efek kurang merugikan pada aliran udara.
  • Karena persediaan adalah self-bersertifikat, output produsen mengklaim dapat ganda atau lebih apa yang benar-benar disediakan. Meskipun power supply yang terlalu besar akan memiliki margin tambahan keamanan sejauh tidak lebih dari-loading, sebuah unit yang lebih besar sering kurang efisien pada beban rendah (di bawah 20% dari total kemampuan) dan karena itu akan membuang-buang listrik lebih dari satu unit berukuran lebih tepat. Selain itu, komputer pasokan listrik umumnya tidak berfungsi dengan baik jika mereka terlalu ringan dimuat. (Kurang dari sekitar 15% dari total beban.) Dalam kondisi beban mereka mungkin mematikan atau malfunction.For alasan perlindungan tanpa beban diperkenalkan di beberapa pasokan listrik.
  • Faktor yang paling penting untuk menilai suatu kesesuaian PSUs untuk kartu grafis tertentu adalah output 12V PSUs total, itu adalah bahwa tegangan di mana zaman modern kartu grafis beroperasi. Jika output 12V keseluruhan tercantum pada PSU lebih tinggi dari minimum yang disarankan kartu, maka PSU sepenuhnya dapat menyediakan kartu. Meskipun demikian disarankan bahwa PSU tidak hanya menutupi tuntutan kartu grafis ‘, karena ada komponen lain di PC yang bergantung pada output V 12.
  • Pasokan listrik dapat fitur amplifier magnetik atau double-maju konverter desain sirkuit.

Diagram Pengkabelan

Power Suply Modular

Sebuah power supply modular adalah sebuah pendekatan untuk kabel yang memungkinkan pengguna untuk menghilangkan kabel yang tidak terpakai. Sedangkan desain konvensional memiliki banyak kabel secara permanen terhubung ke catu daya, power supply modular menyediakan konektor pada akhir catu daya, memungkinkan kabel yang tidak terpakai akan terlepas dari catu daya, menghasilkan kekacauan kurang, penampilan rapi dan gangguan kurang dengan aliran udara. Hal ini juga memungkinkan untuk menyediakan lebih banyak jenis kabel, menyediakan panjang yang berbeda dari Serial ATA konektor power bukan konektor Molex .

Sementara kabel modular dapat membantu mengurangi kekacauan kasus, mereka sering dikritik karena menciptakan hambatan listrik.Beberapa situs web pihak ketiga yang melakukan pengujian catu daya telah mengkonfirmasi bahwa kualitas konektor, usia konektor, jumlah kali itu dimasukkan / dihapus, dan berbagai variabel lain seperti debu semua dapat meningkatkan resistensi. Namun, ini agak ngawur sebagai jumlah perlawanan ini dalam konektor yang baik adalah kecil dibandingkan dengan perlawanan yang dihasilkan oleh panjang kawat itu sendiri.

Daya pasokan rel

Sebuah catu daya rel atau rel tegangan mengacu pada tegangan tunggal disediakan oleh power supply unit (PSU) relatif terhadap beberapa dipahami tanah . Meskipun istilah ini umumnya digunakan dalam rekayasa elektronik , banyak orang, terutama penggemar komputer, pertemuan itu dalam konteks pribadi pasokan listrik komputer .

IBM PC standar

Asli IBM PC power supply unit (PSU) memasok dua tegangan utama: +5 V dan 12 V. Ini dipasok dua tegangan lainnya, -5 V dan -12 V, tapi dengan jumlah terbatas kekuasaan.

Sebagian besar silikon standar microchip dari waktu dioperasikan pada 5 listrik V. Dari 63,5 watt PSUs ini bisa memberikan, sebagian besar itu pada 5 V rel.

Para +12 V pasokan digunakan terutama untuk mengoperasikan motor. Fan motor, floppy disk drive dan kemudian, hard disk drive. Sebagai peripheral lebih yang ditambahkan, lebih banyak kekuatan disampaikan pada 12 V rel. Namun, karena sebagian besar daya yang dikonsumsi oleh chip, 5 V rel masih dikirimkan sebagian besar kekuatan.

Para -12 V rel digunakan terutama untuk menyediakan suplai tegangan negatif ke RS-232 port serial.

Sebuah kawat tambahan dimaksud sebagai Daya Baik digunakan untuk mencegah operasi sirkuit digital selama mikrodetik awal power supply turn-on, di mana output tegangan dan arus yang meningkat tetapi belum memadai atau stabil untuk operasi perangkat yang tepat.Setelah daya keluaran siap untuk digunakan, sinyal Daya Baik memberitahu sirkuit digital yang dapat mulai beroperasi.

standar ATX

Tegangan converter untuk 80486DX4 prosesor (5 V ke 3,3 V). Catatan wastafel panas padaregulator linier , diperlukan untuk menghilangkan daya yang terbuang.

Ketika Intel mengembangkan ATX standar konektor daya pasokan (diterbitkan pada 1995), microchip yang beroperasi pada 3,3 V yang menjadi lebih populer, dimulai dengan Intel 80486DX4 mikroprosesor pada tahun 1994, dan standar ATX pasokan tiga rel positif: 3,3 V, 5 V , dan +12 V. Sebelumnya komputer yang ingin beroperasi pada 3,3 V biasanya digunakan sederhana namun efisien regulator linier untuk menghasilkan itu dari 5 V rel.

Konektor ATX menyediakan beberapa kabel dan sambungan listrik untuk penyediaan 3,3 V, karena paling sensitif terhadap drop tegangan di koneksi pasokan.

Tambahan lain ATX adalah 5 sb rel untuk menyediakan sejumlah kecil daya siaga , bahkan ketika komputer itu nominal “off”.

Peningkatan permintaan +12 V

Sebagai transistor pada chip menjadi lebih kecil, menjadi lebih baik untuk mengoperasikannya pada tegangan daya yang lebih rendah, dan tegangan suplai terendah sering diinginkan oleh chip terpadat, dengan unit pengolahan pusat . Dalam rangka untuk memasok sejumlah besar tegangan rendah daya ke Pentium dan mikroprosesor berikutnya, power supply khusus, voltage regulator module mulai dimasukkan pada motherboard .

Awalnya, ini telah diberikan oleh pasokan V +5 utama, tetapi sebagai kebutuhan listrik meningkat, arus tinggi yang diperlukan untuk memasok daya yang cukup menjadi bermasalah. Untuk mengurangi kerugian daya dalam penyediaan V 5, dengan pengenalan Pentium 4mikroprosesor, Intel mengubah power supply prosesor untuk beroperasi pada 12 V, dan menambahkan terpisah konektor P4 ke ATX12V 1,0 standar baru untuk memasok listrik itu.

Modern bertenaga tinggi grafis unit pengolahan melakukan hal yang sama, sehingga sebagian besar persyaratan kekuatan modern komputer pribadi berada di 12 V rel.

Ketika bertenaga tinggi GPU pertama kali diperkenalkan, khas ATX pasokan listrik adalah “5 V-berat”, dan hanya bisa memasok 50-60% dari output mereka dalam bentuk listrik 12 V. Dengan demikian, produsen GPU, untuk memastikan 200-250 watt dari 12 V listrik (beban puncak, CPU + GPU), pasokan listrik yang dianjurkan 500-600 W atau lebih tinggi.

Lebih modern ATX pasokan listrik dapat memberikan hampir semua (biasanya 80-90%) dari total kapasitas mereka dinilai dalam bentuk kekuasaan +12 V.

Karena perubahan ini, penting untuk mempertimbangkan +12 V kapasitas pasokan, bukan kapasitas daya keseluruhan, bila menggunakan catu daya ATX yang lebih tua dengan komputer yang lebih baru.

Produsen power supply berkualitas rendah kadang-kadang mengambil keuntungan dari overspecification ini dengan menetapkan peringkat daya pasokan terlalu tinggi, mengetahui bahwa pelanggan sangat sedikit memahami peringkat power supply.

3,3 V dan 5 V rel

Sebagaimana disebutkan di atas, pasokan ini jarang menjadi faktor pembatas ketika memilih power supply untuk komputer pribadi modern, umumnya catu dengan rating +12 V yang cukup akan memiliki kapasitas yang memadai pada tegangan rendah. Namun, jumlah besar dari hard drive atau kartu PCI akan membuat beban yang lebih besar pada 5 V rel. Sebuah pengatur linier dapat digunakan untuk mengkonversi rel +12 V menjadi +5 V rel untuk setiap hard drive jika +5 V rel adalah kelebihan beban.

Perlu dicatat bahwa PSUs paling membuat mereka keluaran 3,3 V dengan mengatur turun 5 V rel mereka. Dengan demikian, 3,3 V dan 5 V biasanya memiliki batas gabungan juga. Misalnya, kereta api 3,3 V dapat memiliki rating 10 A dengan sendirinya (33 W), dan rel 5 V mungkin memiliki 20 Sebuah rating (100 W) dengan sendirinya, tetapi dua bersama-sama mungkin hanya dapat output 110 W . Dalam hal ini, loading rel 3,3 V untuk maksimum (33 W), akan meninggalkan 5 V rel hanya bisa ke output 77 W.

Karena semua dari rel berasal dari satu transformator dan primer-sisi beralih komponen, ada juga batas maksimum daya keseluruhan.

Beberapa +12 V Rails

Seperti kapasitas pasokan listrik meningkat, pasokan daya ATX standar telah diubah (dimulai dengan versi 2.0 ) meliputi:

3.2.4. Batas Daya / Energi Tingkat Berbahaya

Dalam kondisi normal atau overload, tidak ada output terus menerus akan menyediakan lebih dari 240VA di bawah setiap kondisi beban termasuk output sirkuit pendek, sesuai kebutuhan dari UL 1950/CSA ​​950/ EN 60950 /IEC 950.

-ATX12V Power Supply Panduan Desain, versi 2.2

Ini adalah batas keselamatan pada jumlah daya yang dapat lulus, dalam kasus kesalahan, melalui kawat satu. Daya sebesar itu secara signifikan dapat menjadi terlalu panas kawat dan akan lebih mungkin untuk mencairkan isolasi dan mungkin menyalakan api.

Idealnya, akan ada satu batas saat ini per kawat, tapi itu akan menjadi mahal. Karena batas tersebut jauh lebih besar daripada menarik arus yang wajar melalui kawat tunggal, produsen kabel biasanya beberapa kelompok bersama-sama dan menerapkan batas saat ini ke seluruh kelompok. Jelas, jika kelompok ini terbatas untuk 240 VA , begitu juga setiap kawat di dalamnya. Biasanya, power supply akan menjamin setidaknya 17 A pada 12 V dengan memiliki batas saat ini 18,5 A , plus atau minus 8%. Oleh karena itu, dijamin untuk memasok setidaknya17 A , dan dijamin untuk memotong sebelum 20 A .

Kelompok-kelompok ini disebut “rel pasokan beberapa kekuasaan”. Mereka tidak sepenuhnya independen; mereka semua terhubung ke tinggi-arus tunggal 12 V sumber dari dalam power supply, tetapi memiliki sirkuit batas terpisah saat ini. Kelompok batas saat ini didokumentasikan sehingga pengguna dapat menghindari menempatkan terlalu banyak beban tinggi saat ini di grup yang sama.

Ini bekerja dalam cara yang sama, dan untuk alasan yang sama, sebagai sirkuit pemutus banyak kecil di panel pemutus sirkuit serta pemutus suplai utama. Dan seperti kabel domestik yang khas, beberapa outlet terhubung satu sama pemutus sirkuit untuk alasan biaya.

Awalnya, power supply yang menampilkan “beberapa +12 V rel” tersirat satu dapat memberikan lebih dari 20 A dari kekuasaan +12 V, dan dipandang sebagai hal yang baik. Namun, orang menemukan kebutuhan untuk menyeimbangkan beban di banyak rel +12 V nyaman. Masalah ini diperburuk oleh fakta bahwa penugasan konektor untuk rel dilakukan pada waktu manufaktur dan tidak selalu mungkin untuk memindahkan beban yang diberikan kepada rel yang berbeda.

Daripada menambahkan sirkuit batas yang lebih saat ini, banyak produsen telah memilih untuk mengabaikan kebutuhan dan meningkatkan batas saat ini di atas 20 Sebuah kereta api per, atau menyediakan “single-rel” pasokan listrik yang menghilangkan sirkuit batas saat ini.(Dalam beberapa kasus, melanggar klaim iklan mereka sendiri untuk memasukkannya. Sebagai salah satu contoh dari banyak, lihat) persyaratan telah dihapus dari versi 2.3 (Maret 2007) dari spesifikasi ATX12V power supply.

Operasi proteksi arus lebih

Ketika power supply memiliki beberapa rel proteksi arus lebih, jika ada kereta api mencapai batas itu, seluruh power supply akan menutup.Hal ini tidak terkait dengan overheating atau peningkatan tegangan riak oleh power supply secara keseluruhan, seperti bisa disebabkan oleh kelebihan beban secara keseluruhan. Hukuman kehandalan hanya dari operasi dekat rel untuk membatasi arus yang berasal dari risiko memicu shutdown.
Dutamas Computer

Sumber : Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: